Saturday, April 6, 2013

Undangan Menulis Agenda 18 (APRIL)

“Perempuan dan Pemberdayaan”

Mengingat bulan April telah datang, bisa jadi yang terlintas di kepala adalah R.A. Kartini. Ya, bulan April memang identik dengan perempuan. Berbagai lomba digelar mulai dari lomba puisi, cerpen, esai dengan isu seputar perempuan. Maka, dalam rangka mengeksiskan kembali website kita, http://www.agenda18.web.id/ yuk mari teman-teman Agenda 18 kita menulis dengan tema “PEREMPUAN DAN PEMBERDAYAAN”.

Pemberdayaan sendiri berasal dari kata dasar daya yang berarti kemampuan untuk melakukan sesuatu atau kemampuan bertindak (KBBI). Tema ini diangkat atas dasar pemikiran sederhana bahwa masih banyak perempuan yang tidak memiliki kemampuan untuk melalukan sesuatu atau bertindak sesuai dengan apa yang menjadi harapan atau cita-cita dirinya. Ketidakmampuan itu tentu disebabkan karena banyak faktor mulai dari kemiskinan struktural yang menjangkiti negara kita, dari segi kebudayaan di dalam masyarakat patriarki, juga di sektor politik.

Bicara soal pemberdayaan, ada dua sisi yang dapat kita lihat baik dari sisi positif, maupun negatif. Positif dalam arti ada perempuan-perempuan yang berhasil menginspirasi perempuan lainnya, misalnya kita tahu nama-nama seperti R.A. Kartini, Cut Nyak Dien dari Aceh, Putri Bundo Kandung dari Minangkabau, Adji Sitti dari Kalimantan yang memimpin peperangan. Ada pula perempuan  yang menjabat dalam pemerintahan dan berperan aktif dalam dunia politik di Kerajaan Hindu di Pulau Jawa pada akhir abad ke-16 (kitab Pararaton), S.K. Trimurti (menteri perburuhan di masanya), Maria Ulfah Santoso, Kartini, Christina Martatiahahu, dan masih banyak lagi nama-nama perempuan yang sudah berjuang dan berkarya di tengah bangsa ini sejak zaman dulu kala bagi kemajuan bangsa Indonesia.



Sisi yang negatif dapat dilihat karena berbagai keadaan mulai dari keluarga, lingkungan, masyarakat sekitar yang tidak mendukung perempuan untuk menjadi otentik sebagaimana yang perempuan itu inginkan. Eksploitasi tubuh perempuan secara kasat mata dapat kita lihat dari berbagai majalah lelaki dewasa, atau iklan-iklan tertentu yang tidak berperspektif gender. Selain itu, dalam cakrawala lebih luas, eksploitasi terhadap tubuh perempuan dapat kita lihat pada persoalan pekerja migran indonesia yang tak juga usai (TKI). Demi menghidupi keluarga di kampung mereka pergi bekerja di negara tetangga menjadi pembantu rumah tangga dengan gaji tak sesuai perjanjian, dengan jam kerja lebih dari yang seharusnya, sampai ada juga yang menerima kekerasan dan diperkosa oleh majikan mereka.

Terlepas dari sedikit gambaran di atas, teman-teman bebas mengartikan tema “PEREMPUAN DAN PEMBERDAYAAN” agar banyak tulisan yang masuk dan dapat menghidupkan website kita (ini juga dalam rangka mem-promosikan AGENDA 18 angakatan 6, agar banyak yang ikutan, heheheh :D). Maka, redaksi menerima tulisan teman-teman berupa:
1. Puisi
2. Cerpen (ditulis dengan times new roman, line spacing 1,5, 2-4 halaman A4)
3. Resensi buku (dengan tema apa pun ditulis dengan times new roman, line spacing 1,5, 1-2 halaman A4)
4. Esai (ditulis dengan times new roman, line spacing 1,5, 2-4 halaman A4)
5. Foto + caption 
6. Film pendek
7. Komik



Tulisan harap dikirim ke 2 email: agendadelapanbelas@gmail.com dan jennianggita@gmail.com
Ditunggu tulisannya teman-teman paling lambat 15 April 2013.

0 komentar:

Copyright © agenda 18 All Right Reserved